English


Komentar Alumni

TESTIMONI MENGENAI PROGRAM STUDI S1 BIOLOGI

SEKOLAH ILMU DAN TEKNOLOGI HAYATI – INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

=============================================================

wulanita-k.jpgKuliah biologi di SITH menyenangkan, terutama karena banyak hal yang bisa dipelajari. Para dosen yang mengajarpun kompeten dalam bidangnya masing-masing dan mampu memberikan motivasi  kepada para mahasiswa sehingga mahasiswa terdorong untuk dapat belajar lebih. Dari kurikulumnya, biologi SITH memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari biologi secara komprehensif dan memudahkan dalam menentukan topik penelitian tugas akhir yang akan dilakukan. Dengan adanya empat Kelompok Keilmuan yang mencakup berbagai bidang ilmu biologi, biologi SITH merupakan pilihan terbaik bagi para siswa yang tertarik akan kelimuan biologi.  (Wulanita K.,  Angkatan 2006 – sekarang guru privat).

 

nusa-mashita.jpgSelama saya menempuh pendidikan di SITH ITB sejak tahun 2003 hingga 2008, saya merasa banyak ilmu yang saya dapatkan dan cakupannya luas, terutama karena banyak praktikum dan proyek perkuliahan yang membantu saya untuk memahami pelajaran selama kuliah dan akan banyak membantu dalam dunia kerja. Selain itu juga ilmu yang diberikan selama perkuliahan senantiasa mengikuti perkembangan teknologi yang ada terkait dengan ilmu hayati. (Nusa Mashita, Angkatan 2003 – sekarang mahasiswa S2 Teknik Geodesi dan Geomatika).

 

 

fitria-w.jpgKalau mau kuliah biologi, salah satu yang terbaik ada di ITB. Biologi itu bukan soal hafalan, tapi pemahaman. Disini, kita ga cuma belajar teori, tapi juga implementasi ke kehidupan sehari-hari. Kuliah di Biologi itu penuh kesan. banyak cerita yang bisa dikenang, dosen pengajarnya pun kompeten di bidangnya. Kuliah biologi sama sekali ga bikin bosen karena banyak kuliah lapangan yang seru, mulai dari Cibodas sampe Baluran dan pulau Seribu sampe Cipatujah. Ga nyesel deh kuliah di Biologi ITB! cuma 1 kata, AWESOME! (Fitria W. Angkatan 2006).

 

nuri-nurlaila.pngSelama saya kuliah di SITH ITB, saya merasa bahwa saya banyak belajar. Dari banyak hal yang  saya pelajari, bagi saya yang paling bermanfaat adalah belajar berbagai ilmu baru, belajar mengatur waktu, dan belajar menulis secara ilmiah. Mungkin semua perguruan tinggi negeri maupun swasta lain juga memberikan ilmu-ilmu tersebut, namun di prodi ini saya diberi banyak kesempatan lebih banyak dan fasilitas yang tersedia pun cukup memadai.

(Nuri Nurlaila, Angkatan 2003 – diterima program S3 dengan beasiswa Erasmus Mundus ke Belgia)

 

 

rahmania.jpg

Ilmu yang saya dapatkan selama saya kuliah di SITH sangat berguna baik untuk pekerjaan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya ilmu teori yang saya dapatkan, ilmu lainyang bersifat soft-skill juga banyak saya dapatkan. Hal ini didapatkan karena SITH tidakhanya semata-mata mengajarkan ilmu teori semata, namun bagaimana ilmu tersebut diterapkan dalam kehidupan nyata yang bisa sangat beragam aplikasinya.  (Rahmania Budiharjo, Angkatan 2004 – baru lulus S2 Biomanajemen ITB)

 


ria-antarini.jpgSelama saya berkuliah di biologi, saya mendapatkan banyak ilmu mengenai dasar-dasar ilmu biologi, seperti ekologi, fisiologi hewan, dll. Hal ini sangat berguna dalam pekerjaan saya, mengingat saya bekerja di bidang konsultan. Saya bisa memberikan analisis terhadap data lapangan berdasarkan ilmu-ilmu yang saya dapatkan. Staf pengajar di SITH sangat kompeten dibidangnya.  (R. Ria Antarini, Angkatan 2002. Environmental Consultant di PT Golder Associates).

 

Testimonial

Belajar biologi berarti tantangan untuk belajar dengan coverage yang luas. Kita akan disuguhi subjek-subjek menyangkut tumbuhan, hewan, sel, ilmu fisika-kimia yang harus dikuasai sekaligus. Memang kelihatanya melelahkan tapi percayalah hal itu amat bermanfaat. Terbiasa belajar dengan bidang yang luas juga sedikit banyak bermanfaat bagi pekerjaan sekarang. Saya bekerja di industri manufaktur di bidang pengelolaan lingkungan hidup. Saya dituntut unttuk mampu menjawab permasalahan di bidang pengelolaan lingkungan hidup yang menyangkut proses produksi, dampaknya terhadap biota, dan efeknya kepada masyarakat sekitar. Melelahkan sih, tapi saya sudah terlatih sejak kuliah :D

(Wildan Johardi, Angkatan 2003 – staf pengelolaan lingkungan hidup PT. Pupuk Kaltim)